Pengertian analisis swot adalah metode perencanaan strategis yang digunakan
untuk mengevaluasi kekuatan (strengths), kelemahan (weaknesses), peluang (opportunities),
dan ancaman (threats) dalam suatu proyek atau
suatu spekulasi bisnis. Keempat faktor itulah yang membentuk akronim SWOT (strengths, weaknesses, opportunities,
dan threats). Proses ini melibatkan penentuan tujuan yang spesifik dari
spekulasi bisnis atau proyek dan mengidentifikasi faktor internal dan eksternal
yang mendukung dan yang tidak dalam mencapai tujuan tersebut. Analisis SWOT
dapat diterapkan dengan cara menganalisis dan memilah berbagai hal yang
mempengaruhi keempat faktornya, kemudian menerapkannya dalam gambar matrik
SWOT, di mana aplikasinya adalah bagaimana kekuatan (strengths) mampu mengambil
keuntungan (advantage) dari peluang (opportunities) yang ada, bagaimana cara
mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mencegah keuntungan (advantage) dari
peluang (opportunities)yang ada, selanjutnya bagaimana kekuatan (strengths)
mampu menghadapi ancaman (threats) yang ada, dan terakhir adalah bagaimana cara
mengatasi kelemahan (weaknesses) yang mampu membuat ancaman (threats) menjadi
nyata atau menciptakan sebuah ancaman baru.
Saya mengambil contoh kasus swot dari
PT. Aqua Danone sebagai berikut :
Strength :
- Brand Aqua Danone sangat kuat
- Aqua Danone sebagai market leader
bisnis air mineral (pangsa pasar 60%)
- Memasarkan produk tidak susah, karena
konsumen sudah mengetahui kualitas produk
- Kemasan Aqua semakin beragam ( dari
kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga galon )
- Menggunakan manajemen sumber daya air
yang canggih. Sebagai bagian dari Grup Danone di seluruh dunia, AQUA mengikuti
aturan yang dituangkan dalam Piagam Danone untuk manajemen sumber daya air
untuk menjamin kualitas sumber-sumber mata airnya
- Inovasi terbaru tutup Aqua Galon yang
unik dan inovatif, dan secara eksklusif dilengkapi segel transparan dengan
hologram untuk menjamin terjaganya produk alami dari tiap tetes Aqua
- Agen penjualan Aqua yang tersebar
dimana-mana, karena untuk menjadi agen Aqua sangat mudah, hanya dengan
pengambilan minimal 20 galon Aqua
Weakness :
- Kendali pasokan / stok barang berada
di tangan Principal / Main Distributor
- Margin tipis
- Diperlukan Modal Kerja yang cukup
besar
- Ketika musim hujan penjualan turun dan
Arus Kas terbenam di Stok Barang.
- Air mineral Aqua masih menggunakan
proses Ozonisasi, sehingga menimbulkan stigma negatif pada masyarakat
Opportunity :
- Jenjang menuju strata Distributor
(margin cukup menggiurkan) terbuka lebar
- Track record distribusi Aqua Danone
bisa dipakai referensi untuk melebarkan sayap bisnis produk Danone Food
(Biskuat dll)
- Mempunyai peluang untuk merambah ke
agen-agen kecil yang belum mempunyai pasar lokal
- Sosialisasi ke masyarakat mengenai
pentingnya mengkonsumsi air mineral yang bersih dan higienis dimana Aqua
memiliki semua kriteria yang dibutuhkan
- Pemberian bantuan Aqua untuk wilayah
terpencil merupakan salah satu promosi Aqua bahwa Aqua juga perduli terhadap
sesama
- Air PDAM yang sekarang sudah tidak
memungkinkan untuk dikonsumsi, maka Pemerintah menganjurkan kepada masyarakat
agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan
- Aqua mempunyai kesempatan besar untuk
bisa menembus pasar Internasional
Threat :
- Persaingan harga dengan sesama Agen /
Sub Distributor / Distributor Aqua Danone dari wilayah lain (cross border)
- Tidak dipasok produk / pencabutan
lisensi keagenan Aqua Danone apabila melanggar aturan keagenan.
- Mulai muncul produk-produk air mineral
baru
- Sekarang ini banyak bermunculan
depo-depo air minum isi ulang dikawasan padat penduduk dimana harga yang
ditawarkan jauh lebih murah dibanding Aqua
- Adanya kenaikan bahan baku untuk
kemasan, seperti plastik untuk label dan bahan untuk pembuatan gallon
- Tidak stabilnya nilai tukar rupiah
terhadap mata uang asing
- Melemahnya daya beli konsumen
- Adanya penghapusan subsidi BBM bagi
industri
- Biaya pengiklanan yang tidak murah
——————————————————————————————————-
Strata keagenan dan Harga Jual Aqua
Danone :
(Catatan : volume minimum = volume
setiap pengiriman = volume per invoice)
1. Direct : End user, Konsumen Rumah
Tangga / Perkantoran, volume minimum 1, tidak ada target, harga jual air (isi
saja) Rp 9.000 s/d Rp 10.000 (diantar)
2. Retailer : Toko Kecil / Warung,
volume min 5 s/d 10, tidak ada target, harga jual Rp 10.000.
3. Whole Seller : toko besar / grosir,
volume min 50, target vol min. 2.000 / bln
4. High Class Outlet : Hotel,
Supermarket, Hypermarket, Toserba …> mempunyai aturan tersendiri dan kontrak
jangka panjang serta berhubungan langsung dengan principal Aqua Danone,
Jakarta.
5. Star Outlet : Sub Distributor dengan
wilayah tertentu, volume min 500, target volume min 12.500 / bln
Modal kerja yang diperlukan tergantung
Strata Agen yang diinginkan, namun point yang penting :
1. Sewa tempat usaha, syukur apabila
sudah mempunyai kios / ruko sendiri.
2. Telpon PSTN / Flexy dengan nomor
cantik, agar mudah diingat pelanggan.
3. Harga botol (galon) Rp 35.000,- /
buah
4. Sepeda motor / Mobil jenis Pick Up /
Light Truck (tergantung strata keagenan), dipakai untuk distribusi produk
5. Biaya Overhead selama 3-6 bulan.
Aktivitas yang dilakukan SO
- Pengembangan produk
1. perusahaan
melakukan pengembangan produk dengan memperhatikan mulai dari awal pengisian
air sampai dengan pengemasan akhir dengan inovasi terbaru Tutup Aqua Galon yang
unik dan inovatif.
2. Kemasan
Aqua semakin beragam ( dari kemasan gelas, botol kecil, sedang hingga
galon )
3. Air PDAM
yang sekarang sudah tidak memungkinkan untuk dikonsumsi, maka Pemerintah
menganjurkan kepada masyarakat agar mengkonsumsi air mineral dalam kemasan
Aktivitas yang dilakukan WO
-Penetrasi Pasar
1. Aqua
mempunyai kesempatan besar untuk bisa menembus pasar Internasional
2. Mempunyai
peluang untuk merambah ke agen-agen kecil yang belum mempunyai pasar local
3. Jenjang
menuju strata Distributor (margin cukup menggiurkan) terbuka lebar
Aktivitas yang dilakukan WT
-Penciutan Bisnis
1. Meminimalisasi
biaya produksi
2. Mengurangi
penumpukan stock di gudang
3. Memaksimalkan
penggunaan bahan baku
Aktivitas yang dilakukan ST
-Diversifikasi Konglomerat
1. Track
record distribusi Aqua Danone bisa dipakai referensi untuk melebarkan sayap
bisnis produk Danone Food (Biskuat dll)
2. Selain
air mineral yang sudah dikenal masayarakat luas, PT. Aqua Danone juga
meluncurkan minuman berisotonik yaitu Mizone, dimana pengiklanan Mizone ini
sangat variatif, sehingga menarik banyak peminta dari berbagai kalangan,
ditambah dengan rasa buah yang segar dan harga yang terjangkau.
Aktivitas :
1. Mendirikan
Pabrik mendekati Sumber air
2. Membuka
depo-depo air isi ulang khusus Aqua pada pemukiman padat penduduk
Outputnya :
-Bangunan pabrik yang lengkap dengan
tekhnologi pengemasan Aqua
-Tersedianya alat untuk isi ulang air
Aqua
Outcome :
-Higienitas lebih terjaga dan menghemat
biaya angkut
-Mempercepat layanan bagi konsumen dan
harga yang lebih murah
Impact :
-Keuntungan meningkat
-Penambahan pelanggan
Referensi :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar